Selasa, 31 Maret 2009

BAUHAUS

Bauhaus ini berdiri pada tahun 1919 di Republik Weimar (sekarang bernama Jerman) oleh Walter Gropius. Bauhaus sendiri berasal dari kata bauren (to build/ mengembangkan atau membangun), sedangkan haus berate rumah.
Menjelang perang dunia pertama tahun 1914, Henry Van Velde,tokoh art nouveau yang memimpin sekolah seni dari Weimar, mengundurkan diri. Hal ini terjadi karena sikap rasial warga Jerman terhadap warga asing.Pada awalnya, warga Jerman berpendapat bahwa perang dapat menunjukkan keunggulan kekuatannya dan dengan semangat mendaftar sebagai sukarelawan termasuk para seniman Otto Dix, Max Beckman.Namun, pada tahun 1916 dan 1917, keraguan dan sikap anti-perang mulai bermunculan.
Pada tahun 1917, Walter Gropius,seorang arsitek yang pernah bekerja di bawah Peter Behrens, menyatakan bahwa para intelektual harus melakukan perpindahan atau pergantian font dari medan pertempuran fisik menuju pertempuran budaya. Ia juga menganggap system Werkbund Jerman ketinggalan jaman sehingga perlu reformasi pendidikan seni rupa.Berdirinya Bauhaus adalah ketika Jerman masih mengalami keresahan social-ekonomi akibar perang dunia pertama.
Bauhaus pada dasarnya dapat dilihat sebagai upaya bangsa Jerman meningkatkan mutu desain id era industri.Upaya ini diawali bangsa Jerman sejak awak abad 20 dengan berdrnya The Deutsche Werkbund. Dalam perkembangan sejarah sekolah Bauhaus terdiri dari dua periode: Bauhaus periode Weimar (1919-1924) dan Bauhaus periode Dessau (1925-1932).
Secara singkat dapat disebutkan beberapa prinsip yang berlaku dalam pengajaran Bauhaus:
Œ dipengaruhi seni ekspresionisme
 menggunakan garis bauhutte
Ž menggabungkan seniman dan kriyawan
 pendekatan rasionalisme dan desain untuk mesin






Pengajar Bauhaus








1. L. Mies Van der Rohe
Dia terkenal dengan ungkapannya : “Less is More” dan “God is in the details“.

2. Paul Klee (1920)
Ide-ide baru yang diajarkan Klee yaitu: Menggabungkan seni rupa modern dengan seniprimitif serta gambar dalam menciptakan danlukisan yang mempengaruhi komunikasi visual.

3. Vassilly Kandinsky (1922)
Menurut Kandinsky, warna dan bentuk memiliki nilai-nilai spiritual dan makna tersendiri

4. Johannes Itten
Dia yang pertama kali menerapkan metode kursus dasar (preliminary course) di Bauhaus, seperti yang kini banyak diterapkan pada perguruan tinggi desain. Namun pada tahun 1923, ia keluar dari Bauhaus karena perbedaan pendapat dengan Gropius. Metode pengajaran Itten, yang mementingkan rasionalisme dan desain untuk mesin, dianggap tidak sesuai dengan prinsip Bauhaus, yang mementingkan bahasa rupa dalam desain yang objektif (prinsip modernisme) dan menolak metode pendekatan yang subjektif.



5.Theo Van Doesburg (1921-1923
Tokoh gerakan De Stijl,ia berupaya menghilangkan pemikiran ekspresionisme yang bersifat individual dan emosional. De Stijl membawa pengaruh kuat bagi desain furniture dan tipografi,Perkembangan dan perhatian Gropius terhadap modernisme dan industrialisasi tampak dari perubahan moto Bauhaus dari “A unity of art and handicraft” menjadi “Art and technology,anew unity“.Romantisme abad pertengahan dan ekspresionisme diganti oleh desain terapan yang sangat rasional dan dapat diproduksi secara missal menggunakan mesin.























Misi & Tujuan Bauhaus

Apa misi Bauhaus?
Mengajarkan pendidikan arsitektur, seni, desain dan kriya (craft) sebagai sebuah kesatuan bersama teknologi. Industrialisasi adalah sebuah proses yang hanya dapat diterima melalui kemampuan seni dan ide yang cemerlang.

Apa tujuan Bauhaus?
Seperti yang ditulis oleh pencetusnya (Gropius), Bauhaus bertujuan agar seniman dan kriyawan bekerja sama untuk menciptakan “bangunan masa depan”. Bauhaus memiliki cita-cita membangun masyarakat spiritual

Pengaruh Bauhaus terhadap Modernisme
Perkembangan dan prihatin Gropius terhadap modernisme dan industrialisasi tampak dari moto sekolah Bauhaus “ A unity of art and handicraft’ menjadi ‘art and technology, a new unity’. Romantisme abad pertengahan dan ekspresionisme diganti oleh desain terapan yang sangat rasional dan dapat diproduksi secara missal menggunakan mesin.
Setelah ditutup tahun 1932 selama tahun terakhir, Bauhaus dipindahkan ke kota Berlin oleh Miss Van der Rohe. Bauhaus ditutup oleh para pendukungnya pada bulan April 1933 akibat tekanan yang semakn kuat.Mereka dituduh penganut komunis Bolshvik- dari pemerintahan Jerman.
Lazlo Moholy-Nagy merupakan seorang tokoh yang terkenal dengan desain yang memanfaatkan tipografi dengan cermat: “tipografi adalah alat komunikasi, harus berkomunikasi dalam bentuknya yang paling kuat”. “ kejelasan sangat penting.”. tingkat keterbacaan juga merupakan perhatian baginya selain juga menciptakan bahasa tipografi ayng lentur.

Secara singkat dapat disebutkan bahwa jasa Bauhaus terbesar adalah:
X menciptakan metode pendidikan seni rupa, desain, kriya dan arsitektur yang terpadu
X memberi bentuk yang lebih jelas mengenai apa dan bagaimana desain modern (yang kemudian dikenal dengan nama “international style”)



Selain tuntutan dunia industri terhadap masalah-masalah desain yang lebih fleksibel dan bisa diproduksi secara massal, juga didorong revolusi desain dari kemunculan tren Gaya Art-Deco di Paris, Prancis, dan kelompok De-Stijl di Rotterdam, Belanda, pada periode yamg sama.
Bauhaus lebih mengutamakan kepada penciptaan prinsip-prinsip dasar desain modern sedangkan Art-Deco lebih kepada hasil penerapannya. Tapi keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu menjadikan karya desain sebagai milik semua kalangan masyarakat. Tidak terbatas pada kaum aristokrat. Sehingga dalam perkembangannya sulit dipisahkan pengaruh Bauhaus terhadap desain bergaya Art-Deco, terutama dibidang seni lukis, desain furnitur, desain tekstil dan fashion.

Pengaruh Bauhaus terhadap Modernisme
Bauhaus lebih mengutamakan kepada penciptaan prinsip-prinsip dasar desain modern sedangkan Art-Deco lebih kepada hasil penerapannya. Tapi keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu menjadikan karya desain sebagai milik semua kalangan masyarakat. Tidak terbatas pada kaum aristokrat. Sehingga dalam perkembangannya sulit dipisahkan pengaruh Bauhaus terhadap desain bergaya Art-Deco, terutama dibidang seni lukis, desain furnitur, desain tekstil dan fashion.
Revolusi desain oleh Bauhaus berintikan penolakan secara formal terhadap sejarah seni yang disebut anti-historism pada masyarakat yang sangat konservatif–antitesis dari lembaga yang sama di Paris, Prancis, Ecole des Beaux Arts yang mengutamakan pendidikan sejarah seni–dan hal inilah yang memberi pengaruh sangat besar terhadap perkembangan desain dan industri di dunia sampai saat ini.

Seni Bauhaus
Pada awal berdirinya, Bauhaus memfokuskan diri pada masalah seni dan kerajinan, sehingga para pengajar di Bauhaus didominasi seniman dan perajin, terutama pelukis modern dibanding arsitek, walaupun pendirinya arsitek muda kawakan. Tokoh-tokoh seni di Bauhaus diantaranya Paul Klee, Oskar Schlemmer, Wassily Kandinsky, El Lissitzky, Lazlo Moholy-Nagly, Marcks, Feinninger, Munche Schlemmer, dan Johannes Itten. Mereka dikenal sebagai Master of Form dan kebanyakan berasal dari Rusia.Karya seni lukis Bauhaus kebanyakan berbentuk kubisme dan ekspresionisme yang merupakan pengaruh dari pelukis modern Rusia bergaya konstruktivisme. Pesatnya perkembangan industri dan meningkatnya kebutuhan alat rumah tangga–seiring perubahan dari tatanan masyarakat agraris ke masyarakat industri akibat dari revolusi industri–desain produk seperti furnitur dan alat rumah tangga lain yang kebanyakan didominasi bahan metal, kulit dan kaca, mulai mendapat perhatian di Bauhaus.

Eksperimen bentuk untuk produk-produk industri dikenalkan oleh tokoh muda Bauhaus, Josef Albert (1888-1976).Untuk produk furnitur, yang paling menonjol dan masih diproduksi sampai sekarang adalah karya desainer Marcel Bruer diantaranya Wassily Chair dan B32 Chair.Seni Bauhaus tetap menjadi literatur para desainer, baik dibidang furnitur, seni lukis, desain mode dan fashion sampai saat ini.

Arsitektur Bauhaus
Pada awal berdirinya Bauhaus di kota Wiemar, bidang arsitektur belum mendapat perhatian khusus. Para arsitek yang terlibat dalam ‘kuil desain’ Bauhaus hanya membicarakan arsitektur pada skala cabang-cabang desain berupa desain material bangunan. Setelah kepindahan Bauhaus dari kota Wiemar ke kota Dessau 1926, baru bidang arsitektur mendapat perhatian khusus. Hal ini mulai terlihat pada kampus baru Bauhaus di Dessau yang didesain oleh Walter Gropius dengan penampilan bangunan berbentuk kubus dengan atap datar serta a-simetris dan tanpa ornamentasi, yang sebenarnya mulai menjadi tren di Jerman waktu itu. Komponen bangunan terdiri dari pre-pabrikasi beton, beton bertulang, kaca dan metal dalam bentuk produksi massal.
Tokoh sentral Bauhaus yang tetap dikenang sampai sekarang dalam pendidikan arsitektur adalah Walter Gropius dan Hannes Meyer. Daya tarik dan nama besar Bauhaus telah membuat Yayasan Bauhaus di Dessau kembali mendirikan sekolah yang bernama Bauhaus Kolleg pada 1999, tetapi nafasnya sangat jauh berbeda dan semangat ini lebih kepada romatisme terhadap Bauhaus. Perlu dipahami bahwa pengertian arsitektur Bauhaus tidak terbatas pada jurusan arsitektur yang ada di Bauhaus, tetapi karya-karya arsitektur yang lahir bersamaan dengan Bauhaus yaitu dari arsitek yang aktif di Deutscher Werkbund.











Arsitek-arsitek yang karyanya dianggap berideologi Bauhaus antara lain;
- Arsitek Peter Behrens dengan karya AEG Turbin factory Assembly Hall (di Berlin 1908-1909),
- Arsitek Peter Behrens dengan karya AEG Turbin factory Assembly Hall (di Berlin 1908-1909),
- Arsitek Hans Poelzig dengan karya Sulphuric Acid Factory (di Luban, 1911-1912), arsitek Walter Gropius, Adolf Meyer dan Edward Werner dengan karya Fagus Shoe last Factory (di Leine, 1910-1914),
- Arsitek Erich Mendelsohn dengan karya Einstein Tower (di Postdam, 1920-1921) dan Schocken Department Store (di Stuttgart, 1926-1928),
- Arsitek Fritz Hoger dengan karya Chile House (di Hamburg, 1922-1924),
- Arsitek Adolf Loos dengan karya Goldman & Salalsch Building (di Vienna, 1909-1911), dan arsitek Bruno Taut dan Martin Wagner dengan karya Britz Estate (di Berlin, 1925-1927).

Apa peranan Bauhaus dalam dunia desain?
 menciptakan metode pendidikan seni rupa, desain, kriya dan arsitektur yang terpadu.
 memberi bentuk yang lebih jelas mengenai apa dan bagaimana desain modern (yang dikenal dengan international style).
 menggabungkan seni dengan teknologi.

Dalam perkembangannya, Bauhaus dibagi dua periode:
1. periode Weimar (1919-1924)
2. periode Dessau (1925-1932).















Karya Bauhaus
BAUHAUS LAMP
Carl G. Jucker (1924)
Paul Klee’s Sinbad








Notre Dame du Haut (1950-1955)
Oleh Le Corbusier, Runchamp
Perancis













Marcel-breuer-wassily-1925














kandinskys-der-blaue-reiter-1903









Weimar-Bauhaus-Museum-Posters









Bauhaus-archiv-museum
-fur-gestaltung















Weimar Bauhaus Bassinet











Metal workshop at thebauhaus-dessau



























































Daftar Pustaka


http://artdelicious.wordpress.com/2008/03/15/bauhaus-1919-1933/
http://www.mcs.csuhayward.edu/~malek/klee.htm/
http://www.voopere.blogs-friendster.com/
http://www.rokokputih.blogspot.com/
http://lettersfortomorrow td 1.wordpress.com/2008/03/18/bauhaus/
Tinjauandesainsatu.wordpress.com , andywarholisme.td1a.
Activora.wordpress.com/2008/03/
Mustarttd2.wordpress.com/
Daddytypes.com/archive/weimar-bauhaus-bassinet.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar